Manfaat dari Vitamin D utnuk tubuh anda

Berikut ini manfaat dari Vitamin D untuk tubuh kita:
Meningkatkan Kekuatan Tulang
Vitamin D sangat penting untuk menjaga kekuatan tulang anda, mulai dari bayi hingga dewasa, bahkan hingga lanjut usia. Vitamin D membantu proses penyerapan kalsium dari dalam makanan.
Pada orang lanjut usia, vitamin D dan kalsium membantu mencegah tulang menjadi rapuh dan bahkan patah.
Anak-anak membutuhkan vitamin D untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah terjadinya rickettsia (suatu gangguan perkembangan tulang) yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah dan mengalami kelainan bentuk.

Menurunkan Resiko Terjadinya Sklerosis Multipel
Sklerosis multipel lebih sering terjadi pada negara yang jauh dari khatulistiwa. Selama bertahun-tahun, para ahli menduga adanya suatu hubungan antara sinar matahari, kadar vitamin D, dan sklerosis multipel (suatu gangguan autoimun yang merusak saraf).
Sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara suatu kelainan genetik langka yang menyebabkan tubuh memiliki kadar vitamin D yang rendah dengan peningkatan resiko sklerosis multipel. Walaupun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah vitamin D dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati sklerosis multipel.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Berbagai penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengalami obesitas seringkali memiliki kadar vitamin D yang rendah. Lemak membuat vitamin D terperangkap di dalamnya sehingga tidak dapat digunakan oleh bagian tubuh lainnya.
Para ahli masih belum menemukan apakah obesitas yang menyebabkan rendahnya kadar vitamin D atau justru sebaliknya. Akan tetapi, sebuah penelitian lainnya menemukan bahwa dengan menambahkan vitamin D pada diet rendah kalori dapat membantu orang-orang dengan berat badan berlebih yang memiliki kadar vitamin D yang rendah untuk menurunkan berat badannya.

Mengurangi Gejala Depresi
Selain berperan dalam menjaga kekuatan tulang anda, vitamin D pun berperan dalam perkembangan dan fungsi otak anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa pemberian vitamin D dosis tinggi dapat mengurangi gejala depresi ringan. Walaupun terdapat berbagai penelitian lain yang memiliki hasil berbeda. Berkonsultasilah dengan dokter anda sebelum mengkonsumsi vitamin D.

Menurunkan Resiko Kanker Usus Besar
Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin D yang cukup tinggi di dalam darahnya mungkin memiliki resiko kanker usus besar yang lebih rendah.

Vitamin D dan Penyakit Jantung
Kadar vitamin D yang rendah di dalam darah dapat meningkatkan resiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan berbagai penyakit jantung lainnya. Akan tetapi, para ahli juga masih tidak mengetahui apakah meningkatkan kadar vitamin D dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan berapa dosis vitamin D yang dibutuhkan.
Perlu diingat bahwa kadar vitamin D yang sangat tinggi di dalam darah justru dapat membahayakan pembuluh darah dan jantung karena menyebabkan peningkatan kadar kalsium di dalam aliran darah.

Vitamin D dan Gangguan Daya Ingat
Orang lanjut usia seringkali memiliki kadar vitamin D yang sangat rendah di dalam darahnya. Para peneliti menemukan bahwa orang lanjut usia yang mengalami kekurangan vitamin D memiliki hasil yang lebih buruk pada pemeriksaan daya ingat, kemampuan memusatkan perhatian, dan kemampuan analisis dibandingkan dengan orang lanjut usia yang memiliki kadar vitamin D yang cukup di dalam darahnya.
Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai apakah pemberian suplemen vitamin D benar-benar dapat mencegah terjadinya demensia (gangguan daya ingat) atau memperlambat penurunan fungsi mental.
https://www.dokter.id/berita/manfaat-vitamin-d-bagi-tubuh-anda
Manfaat dari Vitamin D utnuk tubuh anda Manfaat dari Vitamin D utnuk tubuh anda Reviewed by LDII-GARUT on 07.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comment

Comments

ads
Diberdayakan oleh Blogger.