Pengeras suara di masjid,Hasyim : Jangan ganggu orang tidur kecuali adzan

Depok Mantan Ketum PBNU Hasyim Muzadi menilai tidak ada yang salah dengan anjuran Wapres Boediono mengenai volume pengeras suara masjid. Antara ibadah dan kepentingan orang banyak........ memang harus sejalan.

"Di hadits,...... (suara mengaji) memang tidak boleh keras-keras. Tidak boleh mengganggu orang tidur," kata Hasyim usai haul di Ponpes Al Hikam, Kukusan, Depok, Jabar, Minggu (29/4/2012) malam.

Hasyim menyatakan, pengeras suara harus digunakan secara bijaksana. Untuk azan, memang harus keras agar terdengar baik sampai jarak yang relatif jauh. Tapi di luar kepentingan itu, maka volume pengeras suara harus dijaga agar tidak malah mengganggu warga.

"Yang kadang jadi masalah kan, pas nggak azan, suaranya mengganggu," katanya.

Pengasuh Ponpes Al Hikam ini menambahkan, ada baiknya, pengelola masjid mengontrol volume pengeras suara pada saat ibadah seperti zikir, mengaji, atau yang lain. Tujuannya, agar suara-suara yang ditimbulkan tidak menggangu masyarakat sekitar.

"Ya kita harus sama-sama mengerti, kepentingan ibadah dan masyarakat sekitar. Kan masyarakat beda-beda kepentingannya," ujarnya.

Haul dan kirim doa bagi orangtua Hasyim Muzadi dihadiri ratusan ulama dan santri. Cagub Fauzi Bowo atau Foke juga sempat hadir dalam acara tersebut.

(try/lh. detiknews)
Pengeras suara di masjid,Hasyim : Jangan ganggu orang tidur kecuali adzan Pengeras suara di masjid,Hasyim : Jangan ganggu orang tidur kecuali adzan Reviewed by LDII-GARUT on 19.02 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comment

Comments

ads
Diberdayakan oleh Blogger.